Semarak Warna Warni Kalanchoe

Jumat, 24 Februari 2012

Tanaman perdu dengan kelopak bunga mungil bergelombol. Tanaman ini mudah diperbanyak dan tidak manja dalam perawatan. Cocok ditanam sebagai tanaman hias dalam pot maupun tanaman hamparan.

KALANCHOE sebenarnya bukan tanaman hias pedatang baru. Dulu orang mengenalnya dengan sebitan bunga cocor bebek. Kini kalanchoe hadir dengan variasi bunga yang kian beragam. Tanaman asal Eropa, Asia dan Afrika ini adalah genus yang terdiri dari 125 spesies. Termasuk sebagai tanaman sukulen, tanaman yang banyak mengandung air di batang dan daunnya.
Sifat kalanchoe tumbuhnya menggerombol dan bisa mencapai tinggi satu meter untuk jenis yang berdaun lebar. Daunnya berbentuk oval berhadapan. Bunganya bergerombol dengan lebar kelopak 1 cm. Kelopak bunga ada yang tunggal dan bertumpuk. Tanaman ini dapat berbunga sepanjang tahun silih berganti. Kelopaknya memiliki beragam warna, mulai dari merah, putih, kuning, ungu hingga kebiruan.


Mudah diperbanyak

Kalanchoe dapat dikembang biakan dengan biji maupun stek daun. Perkembangbiakan secara vegetatif paling mudah dilakukan. Caranya tinggal memotong daun, letakan di dalam media tanah yang gembur dan teduh. Selang satu bulan, mata daun akan muncul tunas tanaman baru yang siap ditanam sebagai tanaman baru.
Media tanaman kalanchoe sebaiknya dipilih dari campuran tanah kebun, kompos dan pasir dengan perbandingan 2:2:2:1. Meskipun menyukai media yang lembab, kalanchoe tidak menyukai air yang menggenang. Pilih pot yang berdrinase yang baik, kelebihan air siraman yang menggenang bisa menyebabkan busuk akar dan batang tanaman. Pot berbahan keramik, terakota atau semen cor disarankan karena memiliki pori-pori sehingga air siraman tidak menggenang. Letakkan tanamn di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Kurang cahaya akan menyebabkan kalanchoe malas berbunga dan lebih banyak berdaun.


Perawatan

Bunga cantik ini tidak manja di dalam perawatan, cukup disiram sehari sekali dan pupuk secara berkala. Hama penyakit biasanya sebatas kutu daun, ulat daun dan busuk akar. Semprot fungisida dan pestisida 4 bulan sekali untuk mencegah serangan hama. Gulma pengganggu seperti rumput liar akan mengganggu pertumbuhan kalanchoe. Cabut rumput liar agar tanaman dapat berkembang maksimal.


Tips agar rajin berbunga

·      Pada masa pertumbuhan (hingga dua bulan) beri pupuk lengkap seperti gandasil,hyponex atau complesal dengan kadar nitrogen tinggi. Ketika tanaman menampakkan kuntum bunga, gunakan pupuk dengan kadar fosfat tinggi untuk merangsang  munculnya kuntum bunga. Lakukan pemupukan pagi hari sebelum matahari tinggi agar pupuk tindak menguap.
·         Letakan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari langsung.
·         Buang daun tua dan sebagian daun agar daun tidak terlalu rimbun.
·         Pangkas batang tua dan tandan bekas bunga yang sudah habis agar tumbuh tunas baru.
·         Ganti media jika tanaman sudah jika terlihat lambat perkembangannya.

0 komentar:

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Followers