Chatting Tetap Seru di Android

Jumat, 03 Februari 2012


Pertengahan tahun lalu, Yahoo! akhirnya menunjukkan itikad mendukung Android. Maklum, sebelumnya para pengguna Android agak kesulitan mencari aplikasi pendukung dan menggunakan layanan Yahoo! di Android.  Boleh jadi unsur persaingan membuat hal ini terjadi.  Untungnya, terjadi kenaikan tingkat pengguna Android, membuat Yahoo! memutuskan untuk merilis Yahoo! Messenger (Y!M) dan Yahoo! Mail untuk Android.
Ini artinya chat di Android akan semakin seru. Semakin banyak chanel chat yang terdukung oleh hape Android, akan memudahkan Anda sebagai penggunanya, sehingga fleksibel menggunakan kanal obrolan yang diinginkan. Sebagai default, Android menyediakan messenger client Gtalk, namun Anda juga dapat menggunakan kanal lain yang mulai tersedia aplikasi client-nya seperti MSN messenger, AIM, Facebook Chat, dan sebagainya.
Ada pula aplikasi yang menyediakan dukungan bagi banyak kanal dari satu jendela aplikasi saja. Agar chat tetap lancar, cara paling tepat tentunya Anda menggunakan layanan koneksi data unlimited seperti yang disediakan Indosat. Apapun kartu yang dimiliki, mulai Matrix, Mentari, hingga IM3, Anda bisa menggunakan akses layanan internet tanpa batas hanya dengan Rp 9000 per hari dan Rp 80.000 untuk dwimingguan.


Aplikasi Multi-channel

Jika Anda banyak menggunakan channel chat untuk berkomunikasi dengan teman atau rekan kerja, ada baiknya Anda menggunakan aplikasi yang mendukung aneka layanan chat dari jendelanya. Dengan aplikasi tersebut, pengguna tak perlu berpindah aplikasi untuk melakukan chat.
Umumnya aplikasi multichannel chat ini mendukung Gtalk, Yahoo! Messenger, AIM, MSN, hingga Facebook. Inilah beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk multikanal dan tersedia di Android Market.

IM+ Lite


Dukungan channel : AIM, iChat, AOL, Windows Live Messenger, Yahoo!, ICQ, Jabber, Gtalk, MySpace

Meebo

Dukungan channel : AIM, MSN, Yahoo!, Facebook, MySpace, Gtalk, Jabber, ICQ

Nimbuzz

Dukungan channel : Skype, MSN, Facebook, AIM, Gtalk, Yahoo!, MySpace

eBuddy Messenger

Dukungan channel : AIM, Yahoo!, Gtalk, MSN, ICQ, Facebook, Hyves, MySpace

Mencicipi Yahoo! Messenger ala Android



Tidak ada bedanya aplikasi client Yahoo! Messenger ini dengan versi untuk sistem lainnya. Namun untuk Android, pengolahaannya memang terasa lebih nyaman dengan visual yang “clean”. Anda bisa mengunduhnya dari Android Market di kategori “Communication”.
Seperti prosedur standar, setelah diinstal, aplikasi dapat dijalankan, dan Anda harus memasukkan usename dan password untuk melakukan login. Registrasi akun Yahoo! pun dapat dilakukan dari jendela awal Y!M.
Selanjutnya akan muncul jendela Y!M dengan menampilkan nama-nama teman chat Anda, baik berstatus online maupun offline. Jika ingin memisahkan antara teman berstatus online dan offline, tekan tombol menu lalu tap [Options] dan centangi [Group Offline Contacs].
Obrolan dapat dilakukan dengan mengetap nama teman, dan langsung mengetikkan teks di jendela chat yang muncul. Tampilan chat ini menggunakan gaya “bubble teks” atau balon bicara ala komik. Selain ngobrol, Anda juga bisa mengirimkan file, baik dokumen, foto dan attachment lain dengan mengetap tombol-tombol di bagian bawah jendela chat.
Serunya pilihan smiley juga jauh lebih beragam. Ada sejumlah karakter seperti manga dan karakter unik lainnya. Anda juga bisa terhubung ke akun e-mail Yahoo! secara langsung. Jika belum menginstal Yahoo! Mail Android, tekan tombol menu pada saat daftar nama teman terpampang di layar. Tap opsi [Mail].
Akan muncul notifikasi, jika hape belum terinstal Yahoo! Mail di layar. Tap [Yes]. Jika ingin mengunduh dari Androit Market, pilih [Android Market]. Jika ingin mengunduh-instal dari situs pembuatnya, pilih [Browser]. Biar gampang pilih saja opsi pertama. Jika halaman Yahoo! Mail for Android sudah muncul di layar, tap [Install]. Setelah terinstal, Anda harus melakukan login kembali karena tidak otomatis di-login-kan.
Tampilan menu Inbox sangat tertata dan nyaman dikelola. Untuk melihat pesan yang masuk, tap [Inbox]. Pilih pesan yang hendak dibaca dengan dengan mengetapnya. Pesan tersebut dapat direspon dengan menekan tombol menu, lalu pilih opsi yang tersedia. Ada pilihan untuk melakukan reply, reply all (untuk pesan yang dikirm ke banyak orang), forward, delete, dan juga mark as read.
Di sini Anda tetap bisa menyisipikan attachment. Sistem e-mail Yahoo! Mail ini seperti push mail di Blackberry. Selama koneksi internet tersedia, maka setiap ada e-mail masuk akan muncul pemberitahuannya di menu “Notification” Android. Karena tidak adanya fasilitas Sign out di sini untuk keluar.
Jika tidak ingin meniram e-mail lagi, tekan menu, pilih [Option] > [Remove Account] > [Remove-Account]. Namun untuk Yahoo! Messenger, Anda bisa sign out dengan mengetap nama akun Anda, lalu pilih opsi [Sign Out of Messenger].

0 komentar:

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Followers